Kamis, 19 Agustus 2010

MASA KECIL AWAL DARI KREATIFITAS

     Aku lahir di Surabaya tahun 1961.Ayahku seorang TNI angkatan darat di Bataliyon 07 Kodam Brawijaya.Tempat tinggalku di asrama komplek perumahan tentara di Gunung sari Surabaya.Pada waktu itu kota Surabaya masih sepi tidak seramai seperti saat ini.Yang masih ingat dibenakku saat ini sewaktu kecil adalah sungai brantas.Sungai brantas masih bersih tidak penuh dengan limbah sampah.Airnya jernih enak dipandang dan tidak dipenuhi enceng gondok. Sehingga setiap hari minggu aku selalu bermain di dam Rolak melihat permainan olah raga jet sky dan olah raga air lainnya.Angkutan Trem masih bergelantungan di sepanjang jalan Diponegoro.juga pasar Wonokroma  tidak seramai dan sepadat lalulintasnya seperti sekarang.
     Tahun 1967 aku masuk Taman Kanak kanak Pertiwi yang ada di lingkungan Gunungsari.Pada usia TK bakat seniku sudah mulai tampak.Aku sangat menyukai menggambar dan membuat kerajinan tangan.Aku selalu semangat mengerjakan tugas prakarya dari guru.Pada suatu hari aku mendapat tugas membuat prakarya berupa perahu layar dari buah pisang.Untuk tugas itu aku sampaikan pada ayahku.Karena ayahku pulang dari tugasnya malam hari,setelah istirahat pulang dari dinas lalu mengajakku mencari buah pisang keliling warung bersamaku.Sambil naik sepeda ontel aku dibonceng keliling warung sampai pasar wonokromo.Karena sudah malam kesulitan mencari warung yang menjual pisang buah pisang.
    akhirnya menemukan juga disebuah warung kecil yang menjual buah pisang yang aku maksud.Hanya saja  buah pisang itu tidak sesuai dengan keinginanku.Yang aku inginkan adalah sebatang buah pisang ambon besar dan bentuknya melengkung seperti perahu.Adapun pisang yang ada adalah dua pisang ambon yang dempet dan hanya itu yang tersisa.Kelihatannya ayahku sudah capek sekali untuk keliling lagi mencari warung yang jual pisang. Akhirnya ayahku merayuku agar mau menerima pisang dempet tadi.Akupun mengangguk setuju.Aku berpikir mungkin hasil prakaryaku akan lebih baik dibanding dengan karya punya teman-temankuk yang lain.Karena bentuk perahu pisangku ada dua dempet pula.
   Ternyata benar,sampai di sekolah prakaryaku sangat unik dan bu guru menyukainya.Ternyata bentuk perahu pisang teman-temanku hanya sebatang,dan punyaku beda sendiri.Setelah dinilai perahu pisangku menjadi juara dan aku  mendapat hadiah sebuah boneka.Sesampai di rumah ayahku senang .Dari sinilah awal dari kreatifitasku tumbuh,dan aku lebih semangat untuk  belajar menggambar dan membuat kerajinan tangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar